W. Alam

1. LOKAWISATA BATURRADEN

Gerbang Lokawisata Baturraden terbentang di sebelah selatan kaki Gunung Slamet pada ketinggian sekitar 640 m di atas permukaan laut. Baturraden terletak hanya 14 km dari Kota Purwokerto yang dihubungkan dengan jalan yang memadai. Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati pemandangan indah & udara pegunungan yang segar dengan suhu 18′ Celcius – 25′ Celcius.

Sedangkan Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 m, merupakan gunung berapi terbesar dan gunung tertinggi ke-2 di Jawa. Jika cuacanya bagus, Kota Purwokerto dapat terlihat dari Baturraden, begitu juga dengan Cilacap dan Nusa Kambangan.

Ketika kita melihat gunung Slamet, kita dapat melihat lereng gunung Slamet yang ditutupi oleh hutan Heterogen.

Baturaden memliki beberapa lokasi khusus yang merupakan tempat favorit para wisatawan.

# Pancuran 3 (Telu)
Di pancuran ini mengalir air panas yang mengandung belerang. Selain untuk merasakan kehangatan, wisatawan berkunjung ke sana juga untuk menikmati khasiat belerang untuk mengatasi berbagai penyakit kulit dan tulang.

# Pancuran 7 (Pitu)
Pancuran 7Terletak 2,5 km dari Lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyuguhkan keindahan alam dan hutan yang didukung dengan adanya Pancuran 7 sebagai tempat wisata husada.
# Goa Sarabada
Beranjak dari pancuran 7 menelusuri jalan setapak, wisatawan dapat menikmati kesegaran air hangat dan dingin di Goa Sarabadak, dengan bebatuan warna keemasan yang menajubkan.

# Telaga Sunyi
Telaga SunyiTelaga Sunyi terletak +/- 3 km di sebelah Timur Lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyajikan telaga yang indah dan berair dingin, dan pada musim-musim tertentu dapat dijumpai aneka warna kupu-kupu dan capung yang beterbangan di sekitar telaga

2. Curug Cipendok

Curug Cipendok Air terjun di balik kehijaun tumbuhan pakis inilah hawa dingin itu berasal. Basah, lembut, putih, dan bening. Beruntung debit air sedang surut karena kemarau panjang, sehingga air terjun ini dapat didekati pada jarak sedekat ini tanpa terpercik air.

Biasanya pada jarak seperti ini, pengunjung sudah harus mengenakan payung atau jas hujan, karena percikan air terjun menjangkau hingga jarak 500 meter. Satu pemandangan nan mempesona pada ketinggian 700 meter di lereng gunung. Inilah Curug Cipendok.

Berjarak sekitar 15 km di sebelah barat Kota Purwokerto, Curug Cipendok terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Jalan masuk mulus hingga ke area air terjun. Sepanjang kiri dan kanan jalan, kesuburan lahan pertanian menghampar hingga kaki bukit.

Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 92 meter.

3. Curug Ceheng

Curug CehenkTerletak di kecamatan Sumbang 8 km dari kota Purwokerto. Obyek wisata ini menampilkan keindahan air terjun yang diselingi dengan maraknya satwa lawa yang beterbangan.

4. Pemandian Kalibacin

Pemandian Kalibacin Terletak di Desa Tambak Negara kecamatan Rawalo 17 km dari Purwokerto. Objek wisata ini merupakan peninggalan sejarah jaman Belanda terbukti dengan prasastinya. Dikenal dengan nama Wisata Husada, karena wisatawan disamping dapat menikmati keindahan alamnya sekaligus dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: